Friday, January 15, 2016

Hidden Paradise in Japan called Okinawa

(Indonesian Post)

Belakangan ini Jepang menjadi salah satu tujuan wisata pilihan, dan tentunya untuk beberapa orang selalu memilih kota Tokyo, Osaka dan Kyoto sebagai destinasi mereka di Jepang. Memang ketiga kota ini merupakan kota utama di Jepang dan terdapat tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Namun tulisan saya ini berawal dari cerita teman saya yang memilih Okinawa sebagai tujuan wisatanya.

Saya bertanya alasan dia memilih Okinawa, dia bilang kalau dia pergi ke sana karena mendapat tiket promo. Lalu saya meyakinkan lagi dan bertanya apa ada alasan lain untuk ini. Dan akhirnya dia menjelaskan kalau tujuan dia berwisata ke sini adalah karena dia ingin melihat laut dan aquarium yang katanya salah satu yang terbesar di dunia. Saya terus terang penasaran memang sebagus apa sih laut yang dia bilang sampai membuat dia ingin sekali pergi ke Okinawa. Ketika saya melihat foto-fotonya, uwaaaaa bagus banged, membuat saya jadi ingin juga pergi ke sana.
Kouri Bridge (credit : google)

Okinawa ini memang katanya dikenal orang sebagai Hawaii nya Jepang namun saya tidak mengira bahwa akan sebagus dan seindah itu. Teman saya cerita kalau di manapun dia berhenti semuanya lautan yang indah banged, udaranya juga sejuk di sana. Berikut ini mari kita bahas tempat-tempat yang menarik menurut rekomendasi teman saya ini.

Kouri Bridge
Letaknya di utara Okinawa, pemandangannya sangat indah dan menyenangkan jika membayangkan sambil membawa mobil dengan pemandangan seperti itu dan kamu juga bisa bersantai di pinggir pantai sambil bermain maupun duduk-duduk santai menikmati keindahan laut biru itu. Oh iya, katanya jembatan ini juga terkenal dan pernah muncul di Drama maupun Film Korea, nah, untuk kamu pecinta Drama atau Film Korea bisa berkunjung ke sini untuk melihat langsung jembatan Kouri yang terkenal ini.

Churaumi Aquarium Okinawa
Nah..ini nih salah satu hal utama yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Okinawa, salah satu akuarium terbesar di dunia, akuarium utamanya, Kuroshio, memiliki panjang 35 meter, lebar 27 meter dan kedalamannya mencapai 10 meter, dan di dalamnya terdapat ribuan ikan kecil dan besar termasuk 3 ikan Hiu Paus, yaa namanya juga Paus jadi pasti kebayang dong ukurannya yang besar itu, orang jadi terlihat mini kalau dibandingkan dengan ikan ini, untuk melihat ikan ini secara langsung kamu bisa menaiki tangga yang disediakan, kalau saya sih sepertinya cukup melihat dari kaca saja ^^;;
Mininya manusia dibanding ikan Hiu Pausnya (credit : Google)
Manzamo
Salah satu tanjung yang bentuknya unik juga menarik dan sangat menyegarkan berkunjung di sini, dikelilingi pemandangan yang bagus. Berjalan-jalan santai sambil menikmati udara segar dan melihat ombak, wahhh membayangkannya saja makin membuat ingin melihat langsung dan pergi ke sana. Meski akses ke sini memang cukup sulit jika menggunakan transportasi publik, jadi disarankan menyewa mobil saja.

Okinawa Peace Memorial Park
Pertempuran Okinawa yang terjadi di tahun 1945 merupakan yang terbesar di Perang Asia Pasifik, berlangsung selama kurang lebih 82 hari dan ikut menghancurkan Shurijo Castle saat itu serta memakan korban hingga kurang lebih 200.000 orang. Tempat ini dibangun dan didedikasikan untuk orang-orang yang kehilangan nyawanya pada saat itu. Di situ juga terukir nama-nama korban pada saat itu.

Shurijo Castle
Kastil terbesar di Okinawa ini sayang jika dilewatkan. Shurijo Castle merupakan salah satu warisan sejarah dunia UNESCO, terletak di daerah Naha dibangun sejak akhir tahun 1300an. Kastil ini dibuat sebagai pusat administrasi dan tempat tinggal para raja Ryukyu selama beberapa abad dan juga berperan integral pada pada penyatuan politis pulau tersebut. Di puncak bukit, kita bisa melihat bangunan utama kastil, Seiden. Dekorasi bangunan Seiden ini paling mewah dibanding bangunan lainnya. Untuk mengelilingi Shuri Castle ini kurang lebih memakan waktu 2 jam.
Shurijo Castle (credit : Google)
Kokusai Street
Terletak di daerah Naha, di sini kamu bisa mengunjungi banyak tempat sekaligus seperti Makishi Public Market, Heiwa Street, Tsuboya Yachimun Street dan terakhir Kokusai Street. Semua yang saya sebutkan ini adalah pasar dan tentunya tempat belanja untuk kamu yang ingin membeli souvenir maupun kerajinan tangan dari Jepang dan juga bisa menikmati makanan khas. Jika kamu tiba di Kokusai Street, kamu pasti akan melihat banyak turis lalu lalang di sini. Coba ambil jalan belakang maka kamu akan mendapati barang-barang yang unik di situ. Dan jangan lupa coba berkunjung ke Zizake Yokocho, untuk menyaksikan penampilan lagu tradisional sambil menikmati makanan serta minuman local dan boleh juga kamu ikut menari dan bersenang-senang di situ, seru kan!

Gimana? Jadi mupeng kan ke sana, seperti saya ini..hahaha ditambah lagi selain tempat-tempat yang menarik, di Okinawa juga makanan khas nya enak-enak, info dari teman saya di sana dagingnya enak banged, “Okinawa itu Pulau tapi dagingnya enaaak banged” kata teman saya, sebut saja S.  Coba cek beberapa list makanan khas di bawah ini.

Goya Champuru
Champuru yang kurang lebih artinya mirip dengan bahasa Indonesia campur, karena memang makanannnya dicampur seperti mirip dengan Nasi Goreng Gila, bedanya bahan yang dicampur di Goya Champuru ini seperti Pare (bahan utama untuk makanan ini), disajikan dengan tofu, daging babi dan telur. Makanan ini banyak mengandung vitamin C jadi sehat apalagi jika musim panas yang udaranya menjadi terasa lembab.
Meski saya kurang suka pare tapi pasti saya mau coba yang ini :p (credit : Google)
Beef Soba atau Okinawa Soba
Kalau di sini itu yang terkenal Okinawa Soba nya, jadi Soba itu bentuknya seperti ramen dan berbahan baku terigu, S memilih Beef Soba, untuk Beef Soba ini berisikan Soba lalu kuahnya terbuat dari daging dan ada irisan daging juga di dalam ramen itu dan disajikan dengan toge sebagai pelengkap di atasnya. Rasanya enak banged, Makanan khas satu ini, Beef Soba, katanya yang terbaik dan membuat S tidak akan lupa dengan makanan ini saking enaknya.
Makanan yang membuat teman saya ga bisa move on #eaaa
Nasi Taco
Salah satu makanan khas yang muncul karena pengaruh budaya Amerika terhadap orang-orang Okinawa. Bisa dibilang Nasi Taco ini muncul atas kontribusi militer Amerika Serikat pada kuliner Okinawa. Daging cincang biasanya dibungkus dalam taco dijadikan lauk di atas nasi putih, dilengkapi daun selada, tomat, keju dan saus salsa. Boleh juga yaa idenya. *lalusayatertarikmaucoba*

Untuk pertama kali mengunjungi Okinawa ini, disarankan pergi ke sana minimal 4 hari 3 malam, namun katanya sebenarnya itu masih kurang karena masih banyak tempat di Okinawa yang bagus untuk dikunjungi. Okinawa memiliki Bandara Udara Internasional di Naha, sisi selatan Okinawa. Jadi tidak terlalu sulit untuk ke Okinawa karena kamu bisa terbang ke sana melalui Taiwan, Seoul, Hong  Kong dan sebagainya. Dan jika kamu terbang dari Tokyo, kamu bisa naik pesawat dari Tokyo Haneda airport, dengan durasi 2,5 jam. Selama di sana, teman saya menyewa mobil untuk memudahkan akses selama mengelilingi Okinawa. Info yang saya baca, taxi di sana tidak semahal di Tokyo, bisa hampir setengah harga dibandingkan Tokyo, mungkin boleh juga kamu coba untuk jarak yang masih cukup terjangkau sebagai pilihan trasnportasi di sana. Ada juga monorail, namun rutenya cukup terbatas. Bus juga tapi jika kamu memilih ini harus bersabar karena katanya kalau nunggu bus bisa cukup lama. Kalau saya ke sana, pilihan saya jatuh di sewa mobil untuk menghemat waktu dan bisa lebih bebas untuk pergi ke sana kemari.

Setelah mengumpulkan informasi mengenai Okinawa, berikut rekomendasi rencana perjalanan yang boleh kamu coba ketika kamu pergi ke sana.

Hari pertama : Tiba di airport Naha, keliling Naha dan kunjungi tempat menarik di Naha seperti Shurijo Castle, Okinawa Peace Memorial Park, Kokusai Street dan Pasar-pasar lainnya yang jaraknya terjangkau dengan jalan kaki
Hari kedua : Dengan mobil mulai bergerak ke utara dan eksplor bagian tengah, seperti Manzamo, Churaumi Aquarium, Pineapple Park
Hari ketiga : Bisa juga explore Pulau Yagaji serta Pulau Kouri dan tidak lupa dengan melewati Kouri Bridge yang terkenal itu yang memang menghubungkan kedua pulau itu
Hari keempat : Kembali ke Naha, eksplor sekitar Naha dan belanja souvenir dll

Dan ketika saya melakukan research dan tanya-tanya ke teman saya yang sudah pernah pergi ke Okinawa ternyata memang banyaaak sekali tempat yang bisa dikunjungi di Okinawa ini. Jika kamu pergi ke Jepang dan ingin melihat sisi lain Jepang, dapat berkunjung ke sini. Jadi, kapan yaa kira-kira saya bisa pergi ke Okinawa dan melihat langsung semua yang diceritakan teman saya? Hehehe

No comments:

Post a Comment

Any comments or questions are very welcome! but sorry I will delete for anyone who left backlink on the comment :) hope you understand! cheers!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...